MATA PELAJARAN | : | Produktif Kompetensi Dasar |
KELAS / SEMESTER | : | XI / Ganjil |
TAHUN AJARAN | : | 2009 - 2010 |
ALOKASI WAKTU | : | 80 X 45 menit |
JURUSAN | : | Administrasi Perkantoran |
I. STANDAR KOMPETENSI | : | Melakukan Prosedur Administrasi |
II. KOMPETENSI DASAR | : | Dasar Surat Menyurat |
III. INDIKATOR | : | § Mampu memahami syarat surat yang baik dan benar § Mampu menggunakan dengan benar sesuai kaĆdah bahasa yang berlaku, macam-macam tanda baca, tata bahasa dalam menulis surat § Mampu mengindentifikasi dan memproses surat sesuai jenis dan fungsi surat dengan benar |
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN | : | 1. Peserta didik mampu menggunakan bahasa dengan benar sesuai dengan kaidah 2. Peserta didik mampu menggunakan ejaan dan pemberian tanda baca 3. Peserta didik mampu menggunakan kata-kata dalam surat bisnis dan surat dinas dengan benar dengan penggunaan bahasa yang singkat dan jelas |
V. MATERI PEMBELAJARAN | : | 1. Bahasa surat bisnis 2. Bahasa surat dinas |
VI. METODE | : | Ceramah, Tanya Jawab, Praktik, Penugasan |
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN | ||
a. Pendahuluan | : | Menunjukkan beberapa contoh surat dinas dan bisnis dan sampul surat. |
b. Kegiatan Inti | : | 1. Membaca modul dasar surat menyurat 2. Mendengarkan tentang pebedaan surat dinas dan bisnis 3. Mengamati berbagai model surat yang ada 4. Mengidentifikasi perbedaan berbagai macam surat (dalam hal bentuk, bahasa, masalah) 5. Mencari bagian-bagian surat 6. Penjelasan mana yang benar dan yang salah |
c. Kegiatan Penutup | : | Kesimpulan, Tes tulis |
VIII. SUMBER BELAJAR | : | Modul dan Buku Referensi |
IX. PENILAIAN | ||
a. Teknik | : | Tes tertulis, Tes Praktik |
b. Bentuk Instrumen | : | Pilihan Ganda, Essay |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar