Kamis, 11 November 2010

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



MATA PELAJARAN
:
Produktif Kompetensi Dasar
KELAS / SEMESTER
:
XI / Ganjil
TAHUN AJARAN
:
2009 - 2010
ALOKASI WAKTU
:
80 X 45 menit
JURUSAN
:
Administrasi Perkantoran



I.      STANDAR KOMPETENSI
:
Melakukan Prosedur Administrasi

II.    KOMPETENSI DASAR
:
Proses Dokumen-dokumen Kantor

III.   INDIKATOR
:
§  Mampu memproses dokumen-dokumen dengan prosedur perusahaan yang benar dan batasan waktu yang tepat
§  Mampu menggunakan peralatan kantor secara benar untuk memproses dokumen
§  Mampu mengindentifikasi secara tepat dan memperbaiki serta melaporkan sesuai prosedur perusahaan

IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN
:
Peserta didik mampu menulis naskah / surat

V.    MATERI PEMBELAJARAN
:
1.     Tata naskah/ dokumen kantor
2.     Tata persuratan

VI.   METODE
:
Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.     Pendahuluan
:
Motivasi, Bertanya jawab tentang apa yang akan dipelajari dan manfaatnya, Menginformasikan tujuan yang akan dicapai, Apersepsi (bertanya jawab tentang konsep yang berkaitan)
b.    Kegiatan Inti
:
1.       Peserta didik menyebutkan dokumen-dokumen yang sering dipakai dalam kegiatan sehari-hari ( Eksplorasi)
2.       Bertanya jawab untuk menemukan macam-macam bentuk dokumen (Elaborasi)
3.       Berdiskusi untuk menerapkan suatu konsep untuk peristiwa yang lain (Elaborasi)
4.       Secara individu antara lain mengerjakan LKS untuk menerapkan konsep (Elaborasi)
5.       Saling mengoreksi dan mendapat umpan balik dari guru (Konfirmasi)
c.     Kegiatan Penutup
:
Kesimpulan, Tes tulis

VIII.        SUMBER BELAJAR
:
Modul dan Buku Referensi

IX.   PENILAIAN


a.     Teknik
:
Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen
:
Pilihan Ganda, Essay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar